Wednesday, December 10, 2014

Pendahuluan



أَحْمَـــــــــــــــــدُ رَبِّيْ اللهَ خَيْرَ مَـــــــــــــــــــــــــالِكِ
::
قـَــــــــــالَ مُحَــــــــمَّدٌ هُوَ ابْنُ مـَــــــــــــــــــــــــالِكِ
1
وَ ألِـــــــــــــهِ اْلمُسْتَكْـــــــــــمِلِيْنَ الشَّــــــــرَفَـــــــا
::
 مُصَـــــــــــــــلِّيًا عَلَى النَّبِيِّ اْلمُصْـــــــــــــــطَـفَى
2
مَـــــــــــــــقَاصِــــــدُ النَّـــــــــــحْوِ بِـهَا مَحْوِيَّــــــــــهْ
::
وَ أَسْتَعِـــــــــــيْنُ اللهَ فِــــــــيْ أَلْفِــــــــــــــــــــــــــــــــــيَّهْ
3
وَ تَبْــــــــــسُطُ الْبَـــــــــــــــذْلَ بـِــــوَعْدٍ مُنْـــــجَزِ
::
تُقَرِّبُ الْأَقْصَـــــــــى بِلَــــفْـــــظٍ مُـــــــــــــــــــوْجَزِ
4
فَائِـــــــــــــــــــقَةً أَلْفِـــــــــــــــــــــــــــيَّةَ ابْنِ مُعْـــــــــــطِيْ
::
وَ تَقْــتَضِــــــــــيْ رِضًــــــــــــــــــا بِغَيْرِ سُخْــــــــطِ
5
مُسْتَوْجِبٌ ثَنَــــــــــــــــــــــائِيَ الْجَمِــــــــــــــــــــــيْلَا
::
وَ هْوَ بِسَبـْــــــــــــــــــقٍ حَــــــــــــــائِزٌ تَفْضِـــــــــيْلَا
6
لـِــــــــــيْ وَ لـَــــهُ فِـــــيْ دَرَجَـــــــــاتِ الْآخِـــــرَةْ
::
وَ اللهُ يَقْــــــــــــــــــــــــضِيْ بِهِبـَـــــــــاتٍ وَافِــــــــرَةْ
7

[1]  Syeikh Muhammad, yaitu (putra dari) putra Syeikh Malik hendak berkata: Aku memanjatkan puja dan puji ke hadirat Rabbku, Allah, Sang Penguasa Terbaik.
[2]  Sembari menghaturkan sholawat kepada sang Nabi yang terpilih dan keluarga beliau yang senantiasa berupaya menyempurnakan sifat mulia.
[3]  Aku memohon pertolongan kepada Allah dalam menyusun kitab Alfiyyah ini, sebuah kitab yang dengannya, tujuan-tujuan (dalam belajar) ilmu Nahwu dapat tergapai.
[4]  Kitab Alfiyyah memudahkan materi yang sulit dengan lafadz yang ringkas
[5]  Kitab Alfiyyah kelak akan menghendaki kepuasan (dari para pembaca), tanpa cela, dan (di saat yang sama juga) mengalahkan kitab Alfiyyah Ibnu Mu’thiy.
[6]  Namun karena beliau telah menulis kitab Alfiyyah lebih dulu sebelum saya, maka beliaulah yang pantas mendapatkan keunggulan dan berhak mendapatkan sanjungan yang baik dari saya.
[7]  Semoga Allah menghendaki anugerah yang berlimpah, kepada saya dan kepada beliau di kedudukan kami di akhirat nanti.

Sebagaimana terlihat, muqoddimah (pendahuluan) kitab Alfiah terdiri dari total 7 bait nadzom. Pada pendahuluan ini, terdapat beberapa catatan yang barangkali perlu kita ketahui, yakni:
·         Lafadz “قـَــــــــــالَ” di bait pertama berbentuk madhiy (lampau), tetapi bermakna mustaqbal (masa depan). Penggunaan kata kerja bentuk lampau untuk menyatakan makna yang akan datang semacam ini bukanlah sesuatu yang aneh. Nyatanya, di dalam Al-Qur’an Allah berfirman:
أتى أمر الله
Artinya : “Pasti akan datang ketetapan Allah.” (penggalan surat An-Nahl ayat 1)

Pada penggalan ayat di atas, digunakan lafadz “أتى” yang berbentuk lampau (fiil Madhiy). Jika lafadz itu dimaknai sebagaimana biasanya, maka makna yang didapat adalah “telah datang ketetapan Allah”, padahal ketetapan Allah (Hari Kiamat) belum terjadi. WaLLahu a’lam. (Uraian lebih gamblang mengenai nadzom pertama dapat dibaca pada sesi berikutnya, in syaa Allah)

[#]  Syeikh ibnu Malik menggunakan nama Ibnu Malik (terjemah: Putra Malik), padahal Malik adalah nama kakek beliau. Menurut aturan standard, nama yang seharusnya adalah Ibnu AbdiLlah, karena ayah beliau bernama AbduLlah. Mengenai hal ini, syeikh Ibnu Hamdun (baca lebih lanjut di rujukan (1)) menulis bahwa alasan di balik penggunaan nama Ibnu Malik antara lain:

1. Beliau menjaga adab (tata krama) kepada baginda Nabi SAW., karena adanya kesamaan antara nama beliau dan nama ayah beliau dengan nama baginda Nabi SAW. dan nama ayah baginda Nabi SAW.

Bagi beliau, sungguh tidak sopan dan tidak pantas jika beliau menyandang nama yang sama persis dengan nama Baginda Nabi SAW., sosok manusia terbaik dan paling sempurna.

[dari penulis] Nama Syeikh Ibnu Malik yang sebenarnya adalah Muhammad bin AbdiLlah, sama persis dengan nama baginda Nabi SAW. Atas dasar niatan luhur inilah, beliau memutuskan untuk menuliskan nama beliau dengan embel-embel nama kakek, bukan dengan nama ayah seperti lazimnya penulisan nama dalam tradisi bahasa Arab.

2. Beliau menggunakan nama Ibnu Malik agar akhir paroh pertama dan akhir paroh kedua bait pertama cocok.

Syeikh Ibnu Hamdun masih menulis tiga alasan lain yang mungkin, namun dua poin di atas kiranya telah mencukupi.

[#]  Kitab Alfiah Ibnu Malik mengungguli kitab Alfiah Ibnu Mu’thiy (lihat bait ke-5) atas dasar beberapa pertimbangan (rujukan (2)):

1. Kitab Alfiah Ibnu Malik lebih ringkas daripada kitab Alfiah Ibnu Mu’thiy, dan memuat lebih banyak (lebih lengkap) materi Nahwu-Shorof daripada yang dimuat oleh kitab Alfiah ibnu Mu’thiy.

2   2. Kitab Alfiah Ibnu Malik menggunakan hanya satu bahar saja, yakni bahar Rojaz, pada seluruh baitnya, sedangkan kitab Alfiah Ibnu Mu’thiy menggunakan dua bahar, yakni bahar Rojaz dan bahar Sarii’. Penggunaan satu bahar tentu lebih seragam dan lebih baik daripada penggunaan dua bahar.

Uraian lebih gamblang mengenai bait ke-5 dapat dibaca pada episode berikutnya. In syaa Allah.

Rujukan:
(1)   Khasyiah Abil ‘Abbas Sayyid Ahmad bin Muhammad bin Hamdun bin Al-Haajj atas Syarh Al-Imam Abi Zaid Siidiy Abdur Rohman Al-Makudiy. Terbit tahun 2005. Beirut: Darul Kutub Al-Ilmiyyah.

(2)   Dalilus Salik ilaa Alfiah Ibni Malik, karya AbduLlah bin Sholeh Al-Fauzan. Penerbit Darul Muslim.

Jika ada salah, mohon saran dan kritiknya... Semoga bermanfaat. Wallahu a'lam.


3 comments:

  1. Maaf, jika saya tidak salah mengartikan, sepertinya ada bait yang belum diartikan oleh penulis, yakni pada bait ke-empat yang berbunyi: وَ تَبْــــــــــسُطُ الْبَـــــــــــــــذْلَ بـِــــوَعْدٍ مُنْـــــجَزِ

    Jika saya yang salah, mohon diluruskan.
    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, benar... Kelupaan... Terims sudah diingatkan. . . Sebentar lagi akan di-update tulisannya...

      Delete
  2. Sami-sami.

    Kok belum diupdate tulisannya? Atau saya yang salah lihat ini?

    ReplyDelete