Wednesday, August 20, 2014

Kalimat dalam Bahasa Arab

Huruf Hijaiyah

Huruf hijaiyah adalah semua huruf dalam bahasa Arab yang jumlahnya ada 28 buah. Huruf tersebut adalah huruf-huruf yang saya sajikan dalam tabel di bawah ini.










Keduapuluh delapan huruf di ataslah yang membentuk semua ungkapan dan tulisan dalam bahasa Arab.

Lafadz 

Lafadz adalah suara yang memuat huruf hijaiyah. Sebagai contoh adalah suara dari tulisan قَلَمٌ. Ketika tulisan ini diucapkan, maka yang terdengar adalah suara yang terdiri dari huruf ل, ق dan م. Menurut pengertian di atas, tulisan tidak bisa disebut lafadz, karena tulisan bukan suara. Sama halnya, suara yang tidak memuat huruf hijaiyah juga tidak bisa disebut lafadz.



Meskipun demikian, saat saya (atau penulis di buku/kitab) menulis “قَلَمٌ adalah lafadz”, maka yang dimaksud sebenarnya, “suara yang tulisannya قَلَمٌ adalah lafadz”. Atau jika saya menulis “lafadz قَلَمٌ adalah kalimat isim”, maka yang saya maksud, “lafadz yang tulisannya قَلَمٌ adalah kalimat isim”. Dan sebagainya.

Kalimat 

Kalimat adalah lafadz yang mempunyai makna dan tidak tersusun. Sebagai contoh, lafadz “َضَرَب” adalah kalimat, karena mempunyai makna, yaitu 'telah memukul'. Lafadz seperti “ٌدَيْز” tidak bisa disebut kalimat, karena tidak mempunyai makna. Menurut pengertian ini, dapat kita lihat bahwa kalimat dalam bahasa Arab memiliki pengertian yang berbeda dengan kalimat dalam bahasa Indonesia. ‘Kalimat’ dalam bahasa Arab memiliki makna sama dengan ‘kata’ dalam bahasa Indonesia. Dalam tulisan ini dan seterusnya, ketika saya menyebut kalimat, maka yang saya maksud adalah kalimat menurut pengertian bahasa Arab /Ilmu Nahwu. Jadi, mari kita cermat dan teliti dalam memahami perbedaan istilah ini.


Tulisan berikutnya: Pembagian Kalimat

4 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Maaf, jika diizinkan berkomentar dan kalau saya tidak salah baca, ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan:
    1) Dalam tabel huruf hijaiyah di atas, saat saya hitung jumlahnya hanya ada 26 huruf, yang artinya ada 2 huruf hijaiyah yang belum dicantumkan, yakni huruf ع dan غ. Apakah benar demikian?
    2) Pada kalimat (menurut pengertian bahasa Indonesia) yang penulis tulis di atas: "Ketika tulisan ini diucapkan, maka yang terdengar adalah suara yang terdiri dari huruf ق, ل, dan ن", yang ingin saya tanyakan apakah huruf "ن" di sini tidak seharusnya diganti dengan huruf "م"? Karena ketika lafadz "قلم" diucapkan, maka yang saya dengar adalah suara yang terdiri dari huruf ل, ق dan م.
    3) Pada kalimat (menurut pengertian bahasa Indonesia) yang penulis tulis di atas: "Lafadz seperti “ٌدَيْز” tidak bisa disebut kalimat", yang ingin saya tanyakan apakah di sini penulis sengaja membuat contoh dengan lafadz "ٌدَيْز"? Karena yang saya ketahui selama ini biasanya yang digunakan sebagai "contoh untuk yang tidak bisa disebut kalimat" adalah lafadz "ٌزَيْد", maksud saya di sini ialah sekedar ingin memastikan bahwa hurufnya tidak kebalik.

    Jika saya yang salah, mohon diluruskan.
    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya baru tahu ada tanggapan.. Terima kasih sudah memberi tanggapan..

      1) dan 2) salah ketik. Alhamdu liLlah sudah diingatkan, jadi bisa diperbaiki dan tidak menimbulkan kebingungan...

      3) Itu memang kebalikan dari lafadz ٌزَيْدََ. Maksudnya adalah, kebalikan lafadz ٌزَيْدََ, yakni lafadz ٌدَيْز tidak bisa disebut kalimat, karena tidak mempunyai makna. Silahkan lihat Ibnu Aqil dan Dalilus Salik ila Alfiatibni Malik... :)

      Delete
  3. Sami-sami, saya juga baru tau ada tanggapan.

    Sudah siipp.

    Iya, benar, saya yang salah, belum ngrujuk kesitu, Alhamdu liLlah sudah diingatkan dengan menyertakan penjelasan, terima kasih :)

    ReplyDelete